ETIKA HENDAK TIDUR

Tidur adalah kegiatan manusia yang rutin dijalani, sehabis kerja seharian tubuh pasti mengalami kelelahan. Pada dasarnya, tubuh ini memerlukan waktu sekitar 8 jam minimal untuk mengembalikan stamina lagi. Sebelum tidur, ada etikanya lhu,,, mau tau etika menurut Rosulullah SAW,, ayo baca selengkapnya...
1.Memadamkan api sebelum tidur
Bila kita akan beranjak tidur, hendaknya memadamkan api terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan bahaya atau resiko kebakaran yang akan terjadi. Sebagaimana dijelaskan dalam Hadis Nabi SAW, yang artinya:

“Dari Abu Musa al-As’ari r.a. katanya: Pada suatu malam sebuah rumah penduduk Madinah terbakar, ketika peristiwa itu dikabarkan orang kepada Rasulullah SAW. Beliau bersabda: Sesungguhnya api itu merupakan musuh kalian, oleh karena itu apabila kalian hendak tidur padamkanlah terlebih dahulu.” (H.R. Muttafaq ‘alaih)

Dalam hadis Nabi SAW. yang lain disebutkan:

artinya: "DariAbi Salim berkata, dari Nabi SAW bersabda: Jangan biarkan api menyala di rumahmu ketika kamu tidur. " (H.R. Muttafaq 'alaih)

2. mengambil air wudhu dan berdoa sebelum tidur
Ketika tidur tubuh hendaknya dalam keadaan suci dari najis maupun hadas, karena dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan, bahkan tidur termasuk ibadah lhu guys,, pada belum ngerti apa pada udah paham,,, hahah
sebagaimana dijelaskan dalam Hadis berikut ini yang artinya:

"Dari al-Barra bin Azib r.a. berkata, rasulullah SAW mengajarkan kepada saya Apabila engkau hendak tidur maka berwudhulah sebagaiman wudhu sholat. Kemudian rebahkanlah dirimu pada lambung kananmu, kemudian ucapkanlah doa: Allahumma aslamtu wajhii ilaika, wafawwadhtu amrii ilaika, wa alja'tu zhahrii ilaika, rohbatan ilaika, laa malja-a walaa manjaa minka illaa anzalta, wanabiyyikal ladzi arsalta (Ya Allah, saya serahkan diriku kepada-Mu dan aku serahkan pula urusanku kepada-Mu, serta aku memohon perlindungan diri kepada-Mu dengan mengharap pahala-Mu, tiada tempat untuk untuk berlindung dan tiada jalan selamat dari-Mu, kecuali hanya kembali kepada-Mu. Ya Allah, saya beriman kepada kitab-Muyang telah Engkau turunkan, dan saya beriman kepada Nabi-Mu yang telah engkau utus.)

Pada hadis Nabi SAW yang lain dijelaskan tentang posisi tidur dan bancaan doanya, yang artinya

"Dari Khudzaifah r.a. berkata, Rasulullah SAW bila hendak merabahkan diri di tempat tidurnya di malam hari, Beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya, kemudian mengucapkan doa: Allaahumma bismika ahyaa wa amutuu (Ya Allah, dengan mentebut nama-Mu aku hidup (bangun) dan aku mati (tidur)). Dan apabila Beliau bangun tidur, mengucapkan doa: Alhamdu lillaahi ladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin-nusyur (Segala puj bagi Allah yang telah menghidupkan (membangunkan) kami sesudah menidurkan (mematikan) kami, dan hanya kepada-Nyalah kami dibangkitkan kembali.)" (H.R. al-Bukhari)

Atau boleh juga dengan bacaan doa yang tersebut dalam hadis Nabi SAW dibawah ini:

"Apabila Nabi SAW hendak tidur Beliau meletakkan tangan kanannya dibawah pipi, kemudian mengucapkan doa:
Allaahumma qinii'adzaabaka yauma tab'atsu ibaadak tiga kali ( Ya Allah peliharalah diriku dari azab-Mu kelak di hari Engkau membangkitkan semua hamba-hamba-Mu.) Doa ini dibaca sebanyak tiga kali." (H.R. Abu Dawud)

3. Mengunci pintu dan jendela serta menutup tempat minuman dan makanan
Islam mengatur hal yang demikian ini agar kita merasa aman dan terjaga dari kemungkinan pencurian serta bahaya penyakit yang masuk ke dalam tempat minuman dan makanan yang disebarkan oleh binatangatau bibit penyakit yang datang di malam hari.
Berdasarkan Hadis Nabi SAW
"Dari Jabir r.a. berkata: Rasulullah SAW bersabda: Tutuplah wadah-wadahmu dan ikatlah tempat airmu, dan tutuplah pintumu dan padamkanlah lampu, karena setan tidak membuka ikatan atau pintu tertutup dan tidak membuka tutup wadah walaupun tiada dapat ditutup kecuali dengan menyebut nama Allah, maka harus dikerjakannya, karena tikus jahat dapat terbakar api sehingga membakar seisi rumah." (H.R. Muslim)

4. Berdoa ketika mendapat mimpi
Kita pada waktu tidur pasti mimpi dong,,, salah gk? ada yang mimpi indah adapula yang mimpi buruk. Islam mengajarkan ketika mimpi baik boleh diceritakan kepada orang lain dan mengucapkan Alhamdulillah, dan ketika dapat mimpi buruk tidak boleh dicetikan kepada manusia karena mimpi buruk adalah bisikan setan.
sebagaimana diterangkan dalam Hadis Nabi SAW
"Dari Abi Sa'id Al Khudri, bahwasanya ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Apabila seseorang di antara kalian bermimpi yang disukainya berarti mimpi itu datang dari Allah, maka hendaklah memuji Allah dan menceritakannya kepada orang lain, dan apabila bermimpi yang tidak disukai, hal ini datang dari setan, maka hendaklah memohon perlindungan kepada Allah dan jangan menceritakannya kepada siapa pun, niscaya mimpi tersebut tidak akan membahayakannya." (H.R. al-Bukhairi)

Pada Hadis Nabi SAW yang lain dijelaskan tentang etika seseorang bila mendapat mimpi yang buruk hendaknya meludah ke arah kiri sebanyak tiga kali, kemudian memohon perlindungan kepada Allah dari pengaruh buruk mimpi tersebut sebanyak tiga kali, dan bila meneruskan tidurnya hendaknya mengubah posisi tidurnya pada lambung yang lain (HR. Muslim)

5. Berdoa ketika terkejut dari mimpi
Apabila seseorang terjaga dari mimpinya pada tengah malam, disunahkan untuk membaca doa sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW dalam Hadisnya:

"Apabila Rasulullah SAW terbangun dari tidurnya di malam hari, beliau selau mengucapkan doa: Laa-ilaaha illallaahul waahidul qohhar, rabbus samaawaati wal ardhi wamaa bainahumal 'aziizul ghoffar (tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Perkasa, Rabb penguasa langit dan bumi, serta yang ada di antara keduanya, Tuhan yang Maha Mulia dan Maha Pengampun." (H.R. al-Hakim dari Aisyah)

6. Berdoa ketika bangun tidur
Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah swt. yang telah membangkitkan kita dari tidur, hendaklah berdoa ketika bangun tidur seperti yang telah diajarkan oleh Nabi SAW dalam Hadis berikut ini.

Alhamdu lillaahil ladzii rodda 'alayya ruuhi wa-'aafaanii fii jasadii wa-adzinalii bidzikrih
"Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan rohku dan telah menyehatkan badanku serta yang telah memperkenankan diriku untuk ingat kepada-Nya."

Itu beberapa hendak tidur guys,,, semoga tidur kamu menjadi ibadah dan terlindungi dari setan.. good night,,,

Comments

Popular Posts