Faktor Grinder Kopi

Faktor yang menurut kami sangat penting adalah Grind Size yang tepat. Hasil grind yg baik yaitu hasil partikel grind tidak terlalu bervariasi, terutama di fine, tidak banyak boulder (partikel besar) yang menganggu ekstraksi, sehingga menghasilkan cup yang lebih clear, sweet.
.
Banyak yang merequest grind level ke kami misal seperti Coarse untuk French Press, Medium-Fine untuk V60, Fine untuk Espresso. Padahal tidak sesimple itu. Kami pun sebenarnya agak bingung karena Coarse itu seberapa coarse? Fine seberapa fine? Coarse di grinder A tidak akan sama dengan Coarse di grinder B, begitu juga standard masing-masing orang berbeda. Maka dari itu kami merasa sangat penting untuk memiliki grinder sendiri sehingga kalian familiar dengan grinder masing2.
.
Dengan memiliki grinder sendiri, kamu bisa melakukan kalibrasi grind size sendiri. Caranya mudah, seduh kopimu dengan metode favoritmu dengan grind size yang biasa kamu pakai, lalu nilai sendiri apakah kopi yang kamu seduh itu Underextracted atau Overextracted?
.
Kalau kopimu Underextracted, kamu perlu membuat grind size menjadi lebih fine, tanpa merubah variabel2 lainnya.
Begitu pula kalau kopimu Overextracted, kamu perlu membuat grind size menjadi lebih coarse.

Comments

Popular Posts