Psikotes?


Psikotes atau Ujiaan Psikologi atau ujian yang bikin kita bingung, kenapa kita bingung? karena kita menguji diri kita sendiri. Belum paham?

Mulai pengertian Psikotes yang dikutip oleh Irfan Santiko yaitu tes yang dilakukan untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes ini dapat berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Menurutku yang bisa mengukur individu secara psikis kan diri kita sendiri, semisal aku suka mie ayam ketimbang roti, emang kalian tahu aku boong apa bener? salah kah psikis ku?

Dalam Psikotes juga ada tes kepribadian yang bertujuan untuk mengukur karakteristik seseorang, seperti tingkat emosi, kematangan, tanggung jawab, dan objektivitasnya. apasih tujuan dari psikotes? Tujuan dari Psikotes sebagai salah satu tolak ukur untuk mengetahui kemampuan manusia yang berkaitan dengan aspek psikologi secara personal maupun sosial. Selain itu berkaitan juga dengan wawasan umum dan penyerapan informasi. Kriteria keberhasilan seseorang dalam psikotes mencerminkan pribadi yang diharapkan oleh suatu perusahaan atau instansi, dengan demikian soal-soal psikotes dirancang meliputi beberapa bagian yang dapat digunakan untuk mengukur aspek-aspek tersebut.




Jurnal IT CIDA Vol. 5 No. 1 Juni 2019 yang berjudul '' Implementasi DISC Pada Sistem Psikotest Seleksi Peserta KKL STMIK Amikom Purwokerto ''

Comments

Popular Posts